Pasar output & Pasar input
PASAR OUTPUT &
PASAR INPUT
PASAR
OUTPUT
Pasar output adalah pasar yang memperjualbelikan
produk (barang/jasa)sebagai hasil produksi perusahaan.
Dalam pengertian yang sederhana atau sempit pasar adalah tempat terjadinya transaksi jual beli yang dilakukan oleh penjual dan pembeli yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu.
Dalam pengertian yang sederhana atau sempit pasar adalah tempat terjadinya transaksi jual beli yang dilakukan oleh penjual dan pembeli yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu.
Secara
luas pasar adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran
sehingga dapat menetapkan harga.
Terjadinya pasar diperlukan syarat sebagai berikut :
a.
Ada penjual dan pembeli
b.
Ada barang dan jasa yang diperjual belikan
c.
Ada interaksi melalui tawar menawar
d.
Ada media untuk interaksi
JASA
A.
LATAR BELAKANG
Setiap usaha jasa tentunya memiliki berbagai
bentuk pelayanan yang Berbedabeda antara satu dan yang lainnya yang tujuannya
adalah untuk
menarik konsumen. Setiap
pengusaha harus memiliki kreatifitas untuk tetap memberikan layanan terbaik kepada konsumen agar
perusahaan tersebut tidak kalah
bersaing dengan perusahaan baru yang mulai bermunculan.
Dalam suatu pelayanan jasa kualitas pelayanan sangat diperlukan demi menarik konsumen dan memberikan kepuasan terhadap konsumen yang menggunakan jasa tersebut.
Dalam suatu pelayanan jasa kualitas pelayanan sangat diperlukan demi menarik konsumen dan memberikan kepuasan terhadap konsumen yang menggunakan jasa tersebut.
B.
DESKRIPSI JASA
Jasa adalah seseorang yang memproduksi dan menjual produknya dlm bntuk
layanan,jasa tdk bias di lihat dan di pegang oleh fisik karna waktu yang
mengkonsumsinya,dan kita dapat merasakannya.
Dikatakan oleh Gronroos dalam Hutt Speh dalam
Arif Kualitas
total
suatu jasa terdiri atas tiga komponen
1. Technical
Quality, yaitu
komponen yang berkaitan dengan kualitas
output
(keluaran) jasa yang diterima pelanggan.
2. Fungtional
Quality,
yaitu komponen yang berkaitan dengan kualitas cara penyampaian suatu suatu
jasa.
3. Corporate
Image,
yaitu profil, reputasi, citra umum, daya tarik khusus
suatu
perusahaan.
C. KELEBIHAN
DAN KEKURANGAN
v Kelebihan :
- Membantu proses distribusi suatu barang
- membantu manusia untuk memenuhi kebutuhan
- membantu produsen dalam menghasilkan suatu
barang
v Kekurangan :
-Persaingan ketat
-terkadang tidak memuaskan konsumen
D. PERAN
- Memberi
keuntungan dalam berproduksi
- Membantu
menghasilkan barang.
- Menambah
keuntungan .
* Pasar Persaingan Sempurna
a.
Latar Belakang
Pasar
Persaingan Sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan
penawaran yang ditandai oleh jumlah konsumen dan produsen sangat banyak dan
hampir tidk terbatas.
Ciri-cirinya
adalah:
-
Jumlah penjual
dan pembeli banyak
-
Barang bersifat
homogen
-
Setiap
perusahaan bebas keluar & masuk
-
Penjual dan
pembeli memiliki pengertian sempurna tentang pasar
b.
Deskripsi
Pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk
interaksi antara permintaan dan penawaran yang ditandai oleh jumlah produsen
dan konsumen sangat banyak dan hampir tidak terbatas.
c.
Kelebihan dan
Kekurangan
KELEBIHAN
|
KEKURANGAN
|
1.Tidak memerlukan
iklan
|
1.Tidak ada pilihan bagi konsumen untuk memilih barang
|
2.Adanya satu harga
|
2.Harga tidak bisa
ditawar lagi
|
3.Kepuasan konsumen
maksimal
|
3.Perusahaan tidak mempunyai
anggaran untuk mengadakan penelitian
|
4.Kepuasan konsumen
maksimal
|
|
5.Keuntungan
produsen maksimal
|
|
6.Produksi barang
yang diperlukan konsumen dengan biaya yang minimal
|
* Pasar Persaingan
Tidak Sempurna
Pasar
Persaingan Tidak Sempurna adalah pasar yang jumlah penjual dan pembeli tidak
sebanding/tidak seimbang.
Bentuk-bentuk persaingan tidak sempurna ,antara
lain: pasar monopoli,pasar oligopoli,pasar monopolistik,pasar oligopsoni dan
monopsoni
Pasar Monopoli
A.
Latar Belakang
Bentuk pasar dimana hanya ada satu penjual yang
menguasai perdagangan barang atau jasa.
Alasan
mengapa pesaing tidak dapat masuk kepasar yaitu:
1.
Sumber daya
kunci dikuasai oleh Perusahhan tunggal
2.
Pemerintah
memberi hak eklusif kepada perusahaan tunggal
3.
Biaya produksi
menjadi lebih efisien
B.
Deskripsi
Pasar monopoli adalah
suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu perusahaan saja. Dan perusahaan
ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat
dekat.
Ciri
Utama dari pasar monopoli antara lain :
-
Hanya ada satu
penjual dan banyak pembeli
-
Tidak ada
perusahaan yang dapat membuat barang
subtitusi yang sempurna
-
Rintangan cukup
kuat untuk masuk pasar monopoli
-
Pembeli tidak
mempunya pilihan lain dalam membeli barang
-
Keuntungan
hanya terpusat pada 1 perusahaan
-
Harga dtentukan
oleh perusahaan
C. Kekurangan dan Kelebihan
KEBAIKAN
|
KEBURUKAN
|
1. Menghindari produk-produk tipuan
|
1.Tidak
ada persaingan
|
2.Menimbulkan skala ekonomi yang menurunkan biaya produksi
|
2.Adanya
pelecehan terhadap posisi konsumen
|
3. Terjaganya kesinambungan stabilitas perusahaan
|
3.Adanya
kesenjangan dalam pembagian pendapatan
|
4.Mendorong penggunaan mesin-mesin
generasi terbaru dengan teknologi tinggi
|
4.Tidak ada persaingan
|
5.Mendorong peningkatan kinerja
departeman penelitian dan pengembangan
|
5.Mengurangi kesejahteraan konsumen
|
PASAR INPUT
Pasar Input adalah pasar yang menyediakan
berbagai faktor produksi. Pasar ini terdiri dari pasar sumber daya alam /
tanah, tenaga kerja, modal dan kewirausahaan.
Ciri-ciri
pasar input adalah sebagai berikut :
-
Tidak berwujud fisik, tetapi kegiatan
-
Permintaan dan penawaran faktor produksi yang dilakukan dalam
jumlah besar
-
Jenis permintaan dan penawaransesuai dengan produksi yang
dihasilkan
-
Penawaran faktor produksi kadang merupakan monpoli, sementara
permintaan faktor produksi bersifat kolektif
MODAL
A. Latar belakang
Pasar modal
memiliki peran besar bagi perekonomian suatu negara karena pasar modal
menjalankan dua fungsi sekaligus yakni :
-
fungsi ekonomi(pasar
menyediakan fasilitas atau wahana yang mempertemukan dua kepentingan )
-
fungsi keuangan(memberikan kemungkinan dan kesempatan memperoleh imbal hasil bagi
pemilik dana, sesuai dengan karakteristik investasi yang dipilih)
Pasar modal merupakan tempat kegiatan
perusahaan mencari dana untuk membiayai kegiatan usahanya. Selain itu, pasar
modal juga merupakan suatu usaha penghimpunan dana masyarakat secara langsung
dengan cara menanamkan dana ke dalam perusahaan yang sehat dan baik
pengelolaannya. Jadi,pasar modal merupakan salah satu sumber dana bagi
pembiayaan pembangunan nasional pada umumnya dan emiten pada khususnya di luar
sumber-sumber yang umum dikenal.
B. Deskripsi
Pasar modal adalah pasar
tempat dana dan investasai jangka panjang yang dijual belikan.
Salah satu bentuk pasar modal
di Indonesia adalah BEI.
C.
Kelebihan
dan Kekurangan
Kelebihan:
- Menyediakan sumber
pembiayaan jangka panjang untuk dunia usaha.
- Memungkinkan adanya
upaya diversifikasi.
- Sarana untuk
mengalokasikan sumber dana secara optimal bagi investor
Kekurangan
:
o
Jika kurs tidak stabil,
maka harga saham ikut terpengaruh
o
Saham pasar modal
bersifat spekulatif sehingga dapat merugikan pihak tertentu.
o
Mekanisme pasar modal
yang cukup rumit menyulitkan pihak-pihak tertentu yang akan terlibat di
dalamnya.
D. Peran
* Menjadi sarana bagi masyarakat untuk
berinvestasi pada instrument keuangan seperti saham, obligasi, reksa dana, dan
lain-lain. Dengan demikian, masyarakat dapat menempatkan dana yang dimilikinya
sesuai dengan karakteristik keuntungan dan risiko masing-masing instrument
* Sebagai sarana bagi pendanaan usaha atau
sebagai sarana bagi perusahaan untuk mendapatkan dana dari masyarakat pemodal
(investor). Dana yang diperoleh dari pasar modal dapat digunakan untuk
pengembangan usaha, ekspansi, penambahan modal kerja dan lain-lain.
0 Response to "Pasar output & Pasar input"
Posting Komentar