Pasar output & Pasar input


PASAR OUTPUT & PASAR INPUT

PASAR OUTPUT
Pasar output adalah pasar yang memperjualbelikan produk (barang/jasa)sebagai hasil produksi perusahaan.
Dalam pengertian yang sederhana atau sempit pasar adalah tempat terjadinya transaksi jual beli yang dilakukan oleh penjual dan pembeli yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu.
Secara luas pasar adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran sehingga dapat menetapkan harga.
Terjadinya pasar diperlukan syarat sebagai berikut :
a.      Ada penjual dan pembeli
b.      Ada barang dan jasa yang diperjual belikan
c.       Ada interaksi melalui tawar menawar
d.      Ada media untuk interaksi

 JASA
A.    LATAR BELAKANG
Setiap usaha jasa tentunya memiliki berbagai bentuk pelayanan yang Berbedabeda antara satu dan yang lainnya yang tujuannya adalah untuk menarik konsumen. Setiap pengusaha harus memiliki kreatifitas untuk tetap memberikan layanan terbaik kepada konsumen agar perusahaan tersebut tidak kalah bersaing dengan perusahaan baru yang mulai bermunculan. 
Dalam suatu pelayanan jasa kualitas pelayanan sangat diperlukan demi menarik konsumen dan memberikan kepuasan terhadap konsumen yang menggunakan jasa tersebut.

B.    DESKRIPSI JASA
Jasa adalah seseorang yang memproduksi dan menjual produknya dlm bntuk layanan,jasa tdk bias di lihat dan di pegang oleh fisik karna waktu yang mengkonsumsinya,dan kita dapat merasakannya.
Dikatakan oleh Gronroos dalam Hutt Speh dalam Arif Kualitas
total suatu jasa terdiri atas tiga komponen
1. Technical Quality, yaitu komponen yang berkaitan dengan kualitas
output (keluaran) jasa yang diterima pelanggan.
2. Fungtional Quality, yaitu komponen yang berkaitan dengan kualitas cara penyampaian suatu suatu jasa.
3. Corporate Image, yaitu profil, reputasi, citra umum, daya tarik khusus
suatu perusahaan.

C.    KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
v Kelebihan :
- Membantu proses distribusi suatu barang
- membantu manusia untuk memenuhi kebutuhan
- membantu produsen dalam menghasilkan suatu barang
v Kekurangan :
-Persaingan ketat
-terkadang tidak memuaskan konsumen

D.   PERAN
- Memberi keuntungan dalam berproduksi
- Membantu menghasilkan barang.
- Menambah keuntungan .
Pasar Persaingan Sempurna
a.     Latar Belakang
            Pasar Persaingan Sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang ditandai oleh jumlah konsumen dan produsen sangat banyak dan hampir tidk terbatas.
Ciri-cirinya adalah:
-          Jumlah penjual dan pembeli banyak
-          Barang bersifat homogen
-          Setiap perusahaan bebas keluar & masuk
-          Penjual dan pembeli memiliki pengertian sempurna tentang pasar
b.    Deskripsi
Pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang ditandai oleh jumlah produsen dan konsumen sangat banyak dan hampir tidak terbatas.

c.     Kelebihan dan Kekurangan
KELEBIHAN
KEKURANGAN
1.Tidak memerlukan iklan
1.Tidak ada pilihan bagi  konsumen untuk memilih barang
2.Adanya satu harga
2.Harga tidak bisa ditawar lagi
3.Kepuasan konsumen maksimal
3.Perusahaan tidak mempunyai anggaran  untuk mengadakan penelitian
4.Kepuasan konsumen maksimal

5.Keuntungan produsen maksimal

6.Produksi barang yang diperlukan konsumen dengan biaya yang minimal



Pasar Persaingan Tidak Sempurna
            Pasar Persaingan Tidak Sempurna adalah pasar yang jumlah penjual dan pembeli tidak sebanding/tidak seimbang.
Bentuk-bentuk persaingan tidak sempurna ,antara lain: pasar monopoli,pasar oligopoli,pasar monopolistik,pasar oligopsoni dan monopsoni

                                    Pasar Monopoli
A.    Latar Belakang
Bentuk  pasar dimana hanya ada satu penjual yang menguasai perdagangan barang atau jasa.
Alasan mengapa pesaing tidak dapat masuk kepasar yaitu:
1.      Sumber daya kunci dikuasai oleh Perusahhan tunggal
2.      Pemerintah memberi hak eklusif kepada perusahaan tunggal
3.      Biaya produksi menjadi lebih efisien

B.    Deskripsi
        Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu perusahaan saja. Dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat.
                                               Ciri Utama dari pasar monopoli antara lain :
-          Hanya ada satu penjual dan banyak pembeli
-          Tidak ada perusahaan  yang dapat membuat barang subtitusi yang sempurna
-          Rintangan cukup kuat untuk masuk pasar monopoli
-          Pembeli tidak mempunya pilihan lain dalam membeli barang
-          Keuntungan hanya terpusat pada 1 perusahaan
-          Harga dtentukan oleh perusahaan

C.    Kekurangan dan Kelebihan
KEBAIKAN
KEBURUKAN
1. Menghindari produk-produk tipuan
1.Tidak ada persaingan
2.Menimbulkan skala ekonomi yang menurunkan biaya produksi
2.Adanya pelecehan terhadap posisi konsumen
3. Terjaganya kesinambungan stabilitas perusahaan
3.Adanya kesenjangan dalam pembagian pendapatan
4.Mendorong penggunaan mesin-mesin generasi terbaru dengan teknologi tinggi
4.Tidak ada persaingan
5.Mendorong peningkatan kinerja departeman penelitian  dan pengembangan
5.Mengurangi kesejahteraan konsumen

PASAR INPUT

      Pasar Input adalah pasar yang menyediakan berbagai faktor produksi. Pasar ini terdiri dari pasar sumber daya alam / tanah, tenaga kerja, modal dan kewirausahaan.
Ciri-ciri pasar input adalah sebagai berikut :
-          Tidak berwujud fisik, tetapi kegiatan
-          Permintaan dan penawaran faktor produksi yang dilakukan dalam jumlah besar
-          Jenis permintaan dan penawaransesuai dengan produksi yang dihasilkan
-          Penawaran faktor produksi kadang merupakan monpoli, sementara permintaan faktor produksi bersifat kolektif

MODAL
A.    Latar belakang
Pasar modal memiliki peran besar bagi perekonomian suatu negara karena pasar modal menjalankan dua fungsi sekaligus yakni :
-          fungsi ekonomi(pasar menyediakan fasilitas atau wahana yang mempertemukan dua kepentingan )
-          fungsi keuangan(memberikan kemungkinan dan kesempatan memperoleh imbal hasil bagi pemilik dana, sesuai dengan karakteristik investasi yang dipilih)
Pasar modal merupakan tempat kegiatan perusahaan mencari dana untuk membiayai kegiatan usahanya. Selain itu, pasar modal juga merupakan suatu usaha penghimpunan dana masyarakat secara langsung dengan cara menanamkan dana ke dalam perusahaan yang sehat dan baik pengelolaannya. Jadi,pasar modal merupakan salah satu sumber dana bagi pembiayaan pembangunan nasional pada umumnya dan emiten pada khususnya di luar sumber-sumber yang umum dikenal.

B.    Deskripsi
Pasar modal adalah pasar tempat dana dan investasai jangka panjang yang dijual belikan.
Salah satu bentuk pasar modal di Indonesia adalah BEI.

C.    Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan:
- Menyediakan sumber pembiayaan jangka panjang untuk dunia usaha.
- Memungkinkan adanya upaya diversifikasi.
- Sarana untuk mengalokasikan sumber dana secara optimal bagi investor

Kekurangan :
o   Jika kurs tidak stabil, maka harga saham ikut terpengaruh
o   Saham pasar modal bersifat spekulatif sehingga dapat merugikan pihak tertentu.
o   Mekanisme pasar modal yang cukup rumit menyulitkan pihak-pihak tertentu yang akan terlibat  di dalamnya.
D.   Peran
* Menjadi sarana bagi masyarakat untuk berinvestasi pada instrument keuangan seperti saham, obligasi, reksa dana, dan lain-lain. Dengan demikian, masyarakat dapat menempatkan dana yang dimilikinya sesuai dengan karakteristik keuntungan dan risiko masing-masing instrument
* Sebagai sarana bagi pendanaan usaha atau sebagai sarana bagi perusahaan untuk mendapatkan dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang diperoleh dari pasar modal dapat digunakan untuk pengembangan usaha, ekspansi, penambahan modal kerja dan lain-lain.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Pasar output & Pasar input"

Posting Komentar

Copyright 2009 FREEDOM
Free WordPress Themes designed by EZwpthemes
Converted by Theme Craft
Powered by Free Website Templates
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver